Repository
STIA Menara Siswa


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) YAPIA PARUNG BOGOR

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : MURIANIE SUKARNO PUTRI
  • Identitas : PS.310029
  • Abstrak :

    ABSTRAKSI Fokus utama penelitian ini adalah Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Mengajar Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Yapia Parung Bogor Penelitian menggunakan Pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya dengan menggunakan uji t untuk mengetahui secara parsial variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y dan uji F untuk mengetahui secara simultan variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa: 1. Dari penggujian hipotesis dengan bantuan program Software SPSS versi 21 for Window terhadap variabel motivasi diperoleh t-hitung 6.493 > ttabel 1,999 (interpolasi), maka dinyatakan Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Motivasi (X1) terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa (Y) di SMK Yapia Parung Bogor. 2. Hubungan antara Motivasi dengan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMK Yapia Parung Bogor memiliki nilai pearson correlation adalah 0,602, maka tingkat keeratan koefisien korelasinya adalah kuat. Sebab, nilai 0,602 berada pada interval 0,600 – 0,799 3. Dari penggujian hipotesis terhadap variabel X2 dengan bantuan program Software SPSS versi 21 for Window pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung 8.741 > ttabel 1,999 (interpolasi), maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel Kompetensi Mengajar Guru terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa di SMK Yapia Parung Bogor. Besar pengaruhnya (r2) adalah 0.508, berarti variabel Kompetensi Mengajar Guru memberikan pengaruh terhadap Peningkatan sebesar 50,8%. 4. Hubungan antara Kompetensi Mengajar Guru dengan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMK Yapia Parung Bogor memiliki nilai pearson correlation adalah 0,713, maka tingkat keeratan koefisien korelasinya adalah kuat. Sebab, nilai 0,713 berada pada interval 0,600 – 0,799. 5. Dari penggujian hipotesis Pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y berdasarkan tabel anova pada taraf signifikan 5% diperoleh Fhitung 42.699 > Ftabel 3,13 maka dinyatakan Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Motivasi (X1) dan Kompetensi Mengajar Guru (X2) terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMK Yapia Parung Bogor (Y) 6. Hubungan antara Motivasi dan Kompetensi Mengajar Guru dengan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMK Yapia Parung Bogor memiliki nilai pearson correlation adalah adalah 0,659, maka tingkat keeratan koefisien korelasinya adalah kuat. Sebab, nilai 0, 659 berada interval 0,600 – 0,799.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional