Repository
STIA Menara Siswa


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPENDUDUKAN DAN KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN E-KTP PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : DADANG RAMDAN
  • Identitas : PS. 317272
  • Abstrak :

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Dalam Pembuatan E-KTP Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di wilayah kerja Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi dan telah melakukan pelayanan dalam pembuatan E-KTP dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan studi pustaka. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan nilai signifikansi a = 5% (0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kependudukan secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat sebagai pengguna pelayanan. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dansignifikan terhadap kepuasan masyarakat. Nilai Adjusted R Square yang didapat melalui pengujian Koefisien Determinan (R2) adalah sebesar 0.341 berarti menjelaskan bahwa 34,1% kepuasan masyarakat sebagai pengguna sebagai variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel bebas, yaitu kualitas pelayanan, sedangkan 65,9% sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional