Repository
STIA Menara Siswa


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA SATUAN LALU LINTAS POLRES DEPOK

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : ARIEF ABDULLAH
  • Identitas : PS.317041
  • Abstrak :

    PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA SATUAN LALU LINTAS POLRES DEPOK Oleh : ARIEF ABDULLAH NPM. : PS.317041 ABSTRAKSI Kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pilihan masyarakat untuk berbagai jenis jasa yang berkembang saat ini dan telah menjadi salah satu faktor keberhasilan dan pertumbuhan suatu organisasi. Peningkatan kualitas pelayanan menjadi faktor penting dalam keberhasilan jasa pelayanan publik bagi masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik adalah saat organisasi dapat memenuhi permintaan dan harapan masyarakat. Permasalahan dalam penelitan ini dapat dilihat dari adanya kesenjangan antara pelayanan publik yang diberikan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Depok dengan kualitas pelayanan yang dirasakan oleh pengguna layanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh motivasi dan kemampuan kerja terhadap pelayanan publik pada Satuan Lalu Lintas Polres Depok. Tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan kemampuan kerja terhadap pelayanan publik Satuan Lalu Lintas Polres Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data salah satunya adalah kuesioner yang diberikan kepada anggota Satuan Lalu Lintas Polres Depok sebagai sampel dalam penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder serta data diolah menggunakan sofware SPSS 20. Metode analisa yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji asumsi klasik, uji koeisien determinasi (R2), dan uji parsial (t). Penelitian ini menggunakan indikator motivasi dan kemampuan kerja sebagai variabel bebas (X) dan pelayanan sebagai variabel terikat (Y). Berdasarkan hasil diatas menunjukkan bahwa motivasi dan kemampuan kerja berpengaruh terhadap pelayanan publik Satuan Lalu Lintas Polres Depok adalah kebutuhan sosial dan penghargaan dibuktikan yang dimiliki anggota sebesar 56,8% dan 56,8%, dengan hasil uji analisis regresi liner sederhana yaitu Y= 9,138+0,535 dengan artian bahwa hubungan motivasi dan kemampuan kerja (X) terhadap pelayanan (Y) dimana a = 9,138 jika motivasi dan kemampuan kerja bernilai 0 maka, pelayanan (X) 0,535 yang berarti bila motivasi dan kemampuan kerja mengalami peningkatan 1% saja, maka pelayanan publik akan mengalami peningkatan sebesar 53,5% dan t tabel sebesar 1,98793, sedangkan t hitung sebesar 7,170 berdasarkan taraf signifikan (0,000) < 0,05. Hal ini sangat mempengaruhi seseorang dalam bekerja dan berpengaruh besar terhadap motivasi dan kemampuan kerjanya, sehingga menghasilkan pelayanan yang sangat baik di Satuan Lalu Lintas Polres Depok.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional